Skripsi

Faktor Risiko Penyakit Refluks Gastroesofageal pada Anak yang Dilakukan Prosedur Endoskopi Saluran Cerna Atas di RSCM pada Tahun 2017–2018 = Risk Factors of Gastro-Esophageal Reflux Disease on Children that undergoes Esophagogastroduodenoscopy Procedure in RSCM in 2017–2018.

Penyakit Refluks Gastroesofageal (PRGE) adalah salah satu penyakit anak yang sering terlambat didiagnosis sehingga mengakibatkan gangguan nutrisi dan kognitif di kemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prevalensi, gambaran klinis, dan faktor risiko penyakit refluks gastroesofageal pada anak yang dilakukan prosedur endoskopi saluran cerna atas di RSCM pada januari 2017 – juli 2018. Penelitian ini menggunakan metode potong lintang dengan mengambil data penyakit refluks gastroesofageal (PRGE) yang didiagnosis secara klinis yang dibuktikan dengan pemeriksaan patologi anatomik. Dilakukan analisis bivariat antara pasien yang terbukti PRGE secara patologi anatomik dan yang tidak dan selanjutnya dilakukan analisis multivariat (regresi logistik). Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan bahwa prevalensi PRGE pada anak yang dilakukan prosedur endoskopi saluran cerna atas di RSCM adalah 34%, dengan gambaran klinis pada anak PRGE yang terbanyak pada kelompok usia 10– 18 tahun (47%), status nutrisi yang baik,lebih,& obesitas (65%), nyeri perut (55%), mual (57%), muntah (65%), nyeri dada (37%), waterbrash (27%) dan halitosis (35%). Tidak terbukti faktor usia, hematemesis, anemia, penyakit komorbid, dan status nutrisi sebagai faktor risiko terjadinya PRGE (P > 0,05) Faktor-faktor yang diduga sebagai faktor risiko terjadinya PRGE tidak terbukti memiliki hubungan signifikan pada penelitian ini. Namun, terdapat beberapa gejala klinis yang cenderung muncul pada anak yang mengalami PRGE yaitu usia 10–18 tahun, status nutrisi baik, lebih, & obesitas, Nyeri perut, mual, muntah, nyeri dada, waterbrash, dan halitosis.
Kata kunci: Penyakit Refluks Gastroesofageal, Hematemesis, Status Nutrisi, Penyakit Komorbid, Anemia


Gatroesophageal Reflux Disease is a pediatric disease that are often late to diagnose and may cause nutritional and cognitive disorder in the future. This research was done to determine the prevalence, clinical manifestations,and risk factors of Gastroesophageal Reflux Disease in children that undergoes Esophagogastroduodenoscopy from january 2017 – july 2018. This research uses cross sectional method by collecting data of Gastroesophageal reflux disease that are clinically diagnosed and proven by anatomical pathology examenation. Bivariate analysis are done between anatomical pathologically proven and unproven patient. Multivariate analysis (logistic regression) are then performed. This research finds that the prevalence of GERD in children that undergoes esophagogastroduodenoscopy is 34%. Clinical manifestations in children with GERD are children aged 10–18 years old (47%), good,excess,and obese nutritional status (65%), abdominal pain (55%), nausea (57%), vomiting (65%), chest pain (37%), waterbrash (27%), and halitosis (35%). Age, hematemesis, anemia, comorbid condition, and nutritional status are not proven as risk factor of GERD (P > 0,05) factors that are presumed as risk factors of GERD are not proven as having significant correlation in this research. But, there are a few clinical maniestation thaht tends to appear in children with GERD which are Age 10–18, good, excess, and obese nutritional status, abdominal pain, nausea, vomiting, chest pain, waterbrash, and halitosis.
Keywords: Gastroesophageal Reflux Disease, Hematemesis, Nutritional Status, Comorbid Condition, Anemia

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2019
Pengarang

Ibrahim Abubakar Hilmy - Nama Orang
Pramita Gayatri Dwipoerwantoro - Nama Orang

No. Panggil
S19007fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 39 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S19007fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S19007fkS19007fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor Risiko Penyakit Refluks Gastroesofageal pada Anak yang Dilakukan Prosedur Endoskopi Saluran Cerna Atas di RSCM pada Tahun 2017–2018 = Risk Factors of Gastro-Esophageal Reflux Disease on Children that undergoes Esophagogastroduodenoscopy Procedure in RSCM in 2017–2018.

Related Collection